loader

BNPB Perpanjang Operasi Hujan Buatan di Sumsel, Permintaan Pj Gubernur Agus Fatoni

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memperpanjang operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) atau hujan buatan. TMC yang seharusnya berakhir pada 4 November diperpanjang hingga 10 November 2023.

Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto melalui surat nomor B-603 /KA BNPB/PD.01.04/11/2023 pada tanggal 2 November 2023 menginstruksikan perpanjangan TMC dengan Pesawat Tipe Cessna Caravan C208 dalam Rangka Kegiatan Penanganan Siaga Darurat Bencana Asap akibat karhutla di Wilayah Sumatera Selatan (Sumsel) tahun 2023.

Instruksi tersebut berdasarkan permintaan Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni yang sangat concern terhadap kegiatan penanggulangan karhutla dan memahami betul kondisi iklim dengan fenomena El Nino panjang ini  telah menyebabkan kekeringan yang cukup parah. Pasukan darat yang terdiri dari Manggala Agni, TNI, Polri dan Masyarakat Peduli Api kesulitan mendapatkan air.

Sebelumnya, Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Yanuar Adil pada tanggal 11 Oktober lalu melepas 350 prajurit dari berbagai kesatuan dan Kapolda Sumsel Irjen Pol A Rachmad Wibowo pada tanggal 1 November Kemarin kembali melepas 53 personel untuk membantu Manggala Agni Daops XVII Sumatera yang bermarkas di OKI. Total pasukan sekitar 2.000 orang saat ini terus berjuang memadamkan api di wilayah Sumsel.

Share

Ads