loader

Grant Riset Sawit 2024 Dibuka, Berikut Bidang Penelitian dan Batas Akhir Proposal

Foto
Ilustrasi petani sawit. (Foto: Ist/BPSKS)

JAKARTA, GLOBALPLANET - Kelapa sawit merupakan industri yang berkontribusi besar terhadap perekonomian Indonesia. Pengembangan industri kelapa sawit terus dilakukan, salah satunya dengan riset atau penelitian.

Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) telah mengumumkan pembukaan Program Grant Riset Sawit (GRS) 2024. Mengutip InfoSAWIT, program ini bertujuan mendukung pendanaan penelitian dan pengembangan di lembaga-lembaga riset Indonesia. Dukungan ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan keberlanjutan industri kelapa sawit Indonesia.

Program ini mengundang periset dari lembaga penelitian dan pengembangan untuk mengajukan usulan proposal penelitian. Batas akhir pengajuan proposal yakni 17 Maret 2024.

Masih menurut informasi di InfoSAWIT, program ini mencakup tujuh bidang penelitian, seperti bioenergy; biomaterial & oleokimia; pangan, pakan, kesehatan; lahan, tanah, budi daya; pascapanen, pengolahan; pengolahan limbah & lingkungan; sosial ekonomi, manajemen, bisnis, pasar, dan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Seluruh informasi terkait persyaratan, kriteria, format, mekanisme pengajuan proposal, serta sistem monitoring dan evaluasi program terdokumentasi dalam Buku Panduan Teknis tentang Tata Cara Pengajuan Penelitian dan Pengembangan Sawit. Panduan tersebut dapat diakses di website BPDPKS di www.bpdp.or.id dan https://program-riset.bpdp.or.id/.

Informasi terkait waktu pelaksanaan webinar akan diumumkan melalui website BPDPKS di www.bpdp.or.id.

Share

Ads