loader

AHY Resmi Menjabat Menteri ATR/BPN, Hadi Tjahjanto Jadi Menkopolhukam

Foto

JAKARTA, GLOBALPLANET - Presiden Joko Widodo atau Jokowi secara resmi melantik Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Kabinet Indonesia Maju untuk sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024. Jokowi juga mengangkat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang merangkap Badan Pertanahan Nasional.

Acara pelantikan digelar di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu, 21 Februari 2024. Hadi dan AHY dilantik berlandaskan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 34/P Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Kabinet Indonesia Maju. 

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi mengambil sumpah jabatan menteri yang dilantik. “Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab,” ucap Presiden mendiktekan sumpah jabatan.

Sejumlah pejabat turut hadir dalam pelantikan Hadi dan AHY, di antara lain Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Ketua Dewan Pertimbangan Presiden Wiranto, Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad, Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan, dan Jaksa Agung ST Burhanuddin.

Kemudian terlihat, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia Budi Arie Setiadi, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia. 

Turut hadir Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi Abdullah Azwar Anas. Kemudian Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.


Hadi menggantikan Mahfud Md yang mengundurkan diri dan diberhentikan secara resmi pada 2 Februari 2024. Sebelum menjabat Menkopolhukam, Hadi bertugas sebagai Menteri ATR/BPN. Kursi kosong Menteri ATR yang ditinggalkan Hadi, kemudian diisi oleh AHY.

Demokrat yang dipimpin oleh AHY berada di luar pemerintahan selama hampir 10 tahun Jokowi menjabat sebagai Presiden. Belakangan Demokrat bergabung dengan partai pendukung Jokowi untuk mengusung Prabowo Subianto dalam Pilpres 2024. 

Adapun Hadi adalah Purnawirawan TNI AU yang menjabat Menteri Agraria dan Tata Ruang Indonesia sejak 15 Juni 2022. Pria kelahiran 8 November 1963 menjabat sebagai Panglima Tentara Nasional Indonesia pada 2017 hingga 2021. Dia menjabat Kepala Staf TNI Angkatan Udara antara Januari 2017 dan Januari 2018.

Hadi merupakan Panglima TNI kedua yang berasal dari Angkatan Udara setelah Djoko Suyanto. Hadi merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1986 dan Sekolah Penerbang TNI AU 1987.

Share

Ads