loader

Kepala Bapanas Cek Gudang Bulog dan Penggilingan Padi di OKI, Stok Beras Aman?

Foto

OKI, GLOBALPLANET - Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo meninjau Gudang Bulog di Kabupaten OKI dan penggilingan padi milik PT Belitang Panen Raya 2 Karya Jaya Palembang, Selasa (27/8/2024). Pengecekan didampingi Pj Gubernur Sumsel Elen Setiadi guna memastikan stok beras di Sumsel mencukupi. 

Disebutkan saat ini total stok beras Bulog yang ada di Sumbagsel ada 36 ribu ton. Sedangkan yang tersimpan di gudang Bulog OKI sebanyak 1.254.020 kg. "Total stok bulog yang ada di Sumbagsel ada 36 ribu ton lebih kita sudah pastikan," katanya.

Dia mengatakan, beras kemasan 10 kg untuk program bantuan pangan juga tersedia dan siap didistribusikan. Bantuan pangan di bulan 8, 10 dan bulan 12 dipastikan berjalan. "Satu lagi SPHP yang 5 kg untuk stabilisasi pasokan dan harga pangan itu stoknya juga ada," katanya.

Pj Gubernur Elen Setiadi mengatakan kunjungan ini dalam rangka menjaga ketahanan pangan di Sumsel. 

"Kita ingin sekarang mengejar bagaimana produksinya, kita sudah diskusikan bersama Kepala Bapanas dan Pak Mentan, kita akan mengoptimalkan yang lahan rawa, ini akan segera kita kerjakan supaya nanti input produksinya bertambah," katanya.

Selanjutnya rombongan bergerak menuju penggilingan padi milik PT Belitang Panen Raya 2 yang terletak di seberang pintu tol Keramasan Karya Jaya. 

Di tempat ini, Pj Gubernur Elen Setiadi bersama Kepala Bapanas melihat langsung proses pengeringan, packingan beras serta produksi bihun sebagai hilirisasi dari produksi pangan di pabrik penggilingan padi tersebut.

Share

Ads