Berita :: GLOBALPLANET.news

27 Januari 2020 20:16:43 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Unit Reskrim Polsekta IT I Palembang menangkap satu dari enam kawanan (DPO) kasus pencurian kabel milik PT Telkom Jl Kapten Anwar Sastro. Salah satu aksi pencurian ini terjadi tanggal (20/2/2019) dini hari lalu.

Pencuriannya ini sempat direkam warga saat kawanan pelaku kepergok dan melintas di depan kantor Badan Pusat Statistik Sumsel, Kelurahan Sei Pangeran, Kecamatan IT I dan sempat diviralkan di media sosial.

Pelaku yang berhasil ditangkap yakni Bambang Irawan (38), warga Jl PSI Lautan, Lr Kebon Gede 1, Kelurahan 32 Ilir, Kecamatan IB II Palembang. 

“Tiga temannya sudah berhasil diamankan. Dan tinggal dua lagi yang masih DPO. Tersangka diamankan Minggu (26/1/2020) saat berada di kawasan Kalidoni dan melakukan perlawanan,” terang kapolsek IT I Kompol Edi Rahmat SIk didampingi Kanit Reskrim Iptu Alkap SH.

Menurut Edi, kawanan ini mencuri kabel milik PT Telkom berukuran besar dengan cara dipotong menggunakan gergaji dan tang. “Sehingga, PT Telkom mengalami kerugian senilai Rp 28 juta dan mengakibatkan gangguan jaringan,” terang Edi.

Deni Saputra, Roby dan Amri terlebih dahulu sudah tertangkap. Sedangkan Mamat dan Wawan hingga saat ini masih menjadi buronan. 

“Tugas aku jingok situasi dengan empat kawan aku lainnyo. Roby dan Amri yang manjat tiang dan memotong kabel Telkom. Sudah selesai langsung kami bawa ke Lorong Bunga Tanjung,” kata tersangka.

Lalu kabel tadi kemudian dikupas untuk mengambil tembaganya dan baru dijual ke rongsokan. “Idak tahu dapat berapo dari hasil jual itu. Aku cuma dapat Rp300 ribu bae. Aku diajak sudah tigo kali. Terakhir sempat terpergok dan langsung kabur,” ujar resdivisi yang terus meringis menahan luka tembak di kaki kirinya ini.

Reporter : Rio Siregar Editor : Zul Mulkan 215