loader

IPOSC di Hotel Berbintang di Palembang, Wagub Sumsel: Masa Depan Petani Sawit Cerah

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Indonesian Palm Oil Smallholders Conferences & Expo yang kedua tahun 2022 (2nd IPOSC & Expo 2022)  digelar di Palembang. IPOSC merupakan konferensi petani kelapa sawit terbesar di Indonesia dibuka oleh Wakil Gubernur Sumsel, Mawardi Yahya, Selasa (29/11/2022).

"Saya senang petani melakukan konferensi di hotel bintang lima. Artinya masa depan petani kelapa sawit cerah,” ujar Wagub Sumsel Mawardi Yahya.

Mawardi berharap, IPOSC yang diselenggarakan POPSI (Perkumpulan Forum  Petani Kelapa Sawit Jaya Indonesia) memberikan peluang kepada  petani sawit melakukan inovasi, sehingga semakin maju. Perkebunan kelapa sawit sampai saat ini telah memberikan manfaat yang cukup banyak baik dari serapan pekerja hingga manfaat ekonomi bagi para petani. Termasuk membantu ekonomi masyarakat sekitar perkebunan.

Masalahnya sekarang, saat harga tandan buah segar (TBS) Sawit sudah mulai membaik, namun harga input pertanian melonjak, seperti pupuk dan herbisida. “Padahal kelapa sawit tidak bisa kalau tidak di pupuk. Ini harus menjadi perjuangan asosiasi supaya harga pupuk bisa seimbang dengan harga TBS,” kata Wagub yang berlatar belakang kelapa sawit ini.

Anggota Komisi IV DPR-RI, Dapil Sumsel 1 dari F-PDI-P,  Riezky Aprilia menyatakan sebagai wakil rakyat dirinya memastikan  akan terus memperjuangkan hak dan kepentingan petani kelapa sawit nasional.  “Harus ada solusi terbaik untuk perkebunan sawit terutama dalam program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR), Sarpras, harga Tandan Buah Segar (TBS) Sawit, serta lainnya. Petani sudah serius mengelola kebun kelapa sawit maka pemerintah juga harus serius membuat kebijakan yang meningkatkan kesejahteraan petani,” katanya.

“Perusahaan perkebunan kelapa sawit memang dibutuhkan karena memberikan dampak pada masyarakat. Petani mengharapkan harga sawit stabil tinggi. Sekarang petani karet saja banyak yang menebang kebunnya diganti sawit. Harus dijaga jangan sampai harganya anjlok lagi,” katanya.

Share