loader

3 Pelaku Pungli di Sungai Musi Diamankan Polisi, Bisa Dapat Rp300 Ribu per Hari

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET.news - Kali ini, tim gabungan Unit Gakkum Sat Polairud Polrestabes Palembang dan Intel Air Subdit Gakkum Direktorat Polairud Polda Sumsel berhasil menangkap tiga orang diduga melakukan pungli terhadap kapal yang melintas maupun bersandar di Sungai Musi Palembang.

Mereka yakni Deni (32), Ahmad Rianto (38) dan Berlian Jaya Saputra (36), ketiganya merupakan warga Kecamatan Kertapati Palembang. Aksi ketiga pelaku ini viral di media sosial (medsos).

Ketiga pelaku diamankan saat berada di Dermaga Stasiun Kereta Api Kertapati Palembang, Sabtu (17/7/2021) sekira pukul 10.30 WIB dan dibawa ke Mako Sat Polairud Polrestabes Palembang untuk diperiksa lebih lanjut.

Kasat Pol Airud Polrestabes Palembang, Kompol Dedi Ardiansyah membenarkan sudah mengamankan tiga orang pelaku. "Kita hanya menjawab atas video viral di Instagram kemarin, tiga pelaku yang diduga melakukan pungli itu berhasil kita amankan," ujar Dedi, Sabtu (17/7/2021) saat dikonfirmasi diruang kerjanya, di Pelabuhan Boom Baru Palembang.

Ditambahkan Kompol Dedi, setelah dilakukan interogasi dari pengakuan para pelaku mereka memperoleh minyak solar dari kapal tugboat 15 liter. "Para pelaku melakukan aksinya dengan modus para pelaku langsung naik ke kapal, dan meminta bahan bakar minyak. Sampai saat ini ketiga terduga pelaku masih dimintai keterangan lebih lanjut," ungkap Dedi.

Sementara, pelaku Rian mengaku bahwa ia bersama dua temannya beraksi pada siang hari, untuk melakukan pungli terhadap kapal-kapal yang melintas di Sungai Musi.

"Tidak ada minyak, kami minta uang sama nahkoda kapal-kapal tugboat yang melintas, kami sengaja menyewa kapal ketek untuk mengejar kapal yang melintas. Uang hasil kami berbagi tiga, sehari bisa dapat sekitar Rp 300 ribu," kata Rian. 

Share

Ads