loader

Dubes Norwegia Dukung Pengembangan Perkebunan Sawit Berkelanjutan di Muba Sumsel

Foto
Duta Besar (Dubes) Norwegia Rut Kruger Giverin disambut Plt Bupati Muba Beni Hernedi berkunjung di Desa Mendis Bayung Lencir, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Rabu (24/11/2021). (Foto: Istimewa)

"Untuk pendanaan pemeliharaan perkebunan sawit masyarakat, sebenarnya pemerintah kami memiliki dana untuk petani mikro, dan akan kami pelajari apakah itu bisa di akses petani kecil," tuturnya.

Plt Bupati Muba Beni Hernedi mengatakan sangat antusias menyambut kunjungan Dubes Norwegia ke kelompok kelapa sawit yang menerapkan Best Management Praktis (BMP) yang merupakan bantuan dari Dubes Norwegia melalui Global Yield Gap Atlas (GYGA).

"Kedatangan Ibu Kedubes Norwegia ini wajib kita syukuri, menyambutnya dengan luar biasa, dan semangat. Bagi kita menunjukkan peran kita, mereka ingin melihat bagaimana praktek kelapa sawit yang ada di bawah, apa lagi kelompok kepala sawit di Mendis Jaya menjadi percontohan dalam peningkatan hasil produktivitas tandan buah segar," kata Beni.

Ketua PMI Muba ini juga mengatakan Pemkab Muba sudah melakukan banyak hal dan berkomitmen dalam keberlanjutan kelapa sawit, terutama terkait peningkatan produktivitas dengan program peremajaan sawit rakyat. 

"Karena banyak isu sawit yang sudah tua, ada juga kesalahan bibit, makanya ini (replanting) yang terus kita lakukan. Kita ingin petani hasil yang baik, dan maksimal," bebernya.

Share

Ads