loader

Sumsel Raih Penghargaan Lima Besar Provinsi Penghasil Padi Tertinggi Nasional 

Foto

"Ini bukan hari biasa, karena hari ini kita berhasil mengulang kejayaan bangsa 36 tahun lalu. Hari ini International Rice Research Institute (IRRI) memberikan Penghargaan kepada Presiden Joko Widodo karena berhasil melakukan swasembada beras. Ini juga berkat kerja keras Jajaran Pertanian, Gubernur/Bupati dan para petani," jelasnya. 

Meski secara global perkembangan dunia masih belum jelas bahkan cenderung dark signifikan, namun dengan pertanian yang tangguh Indonesia menurutnya tetap dapat menjaga inflasi. Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan strategi pertanian di antaranya melalui beberapa tahap yakni menjaga inflasi tidak naik, seperti cabai, bawang dan lainnya dengan banyak-banyak menanam. 

Kemudian dengan melakukan subtitusi impor yang memang disiapkan jika terjadi kendala dan yang ketiga dengan melakukan peningkatan ekspor. 

Sementara Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya mengatakan penghargaan ini menjadi motivasi sendiri bagi Pemprov Sumsel, sehingga kedepan pemprov lebih gencar melakukan peningkatan produksi padi, pangan dan teknologi pertanian di Sumsel. 

"Bangga sekali kita, dan ini pastinya menjadi motivasi juga buat kita di daerah untuk lebih meningkatkan produksi padi serta meningkatkan sistem pertanian dan pangan yang sudah kita lakukan selama ini, sehingga bisa naik lagi peringkatnya,"  katanya.

 

Share

Ads