loader

Ngaku Anggota Jatanras Supaya Bisa Peras Korban, Ilham Ditangkap Jatanras Sungguhan

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Ilman warga Kompleks Griya Asri, Tiga Putri, RT 20/05, Kelurahan Tanah Mas, Kecamatan Talang Kelapa, Banyuasin, ditangkap Selasa 09 Juni 2020 sekitar pukul 17.00 WIB, diterminal Sako, Lorong Perintis 1, RT 56/14, Palembang.

Dijelaskan korban M Ibrahim (38) pria berprofesi bekerja bengkel tambal ban ini, pada Sabtu 06 Juni 2020 sekitar pukul 19.00 WIB mendatangi dirinya.

"Mobil Sigra warna merah itu, punya mertua saya, tapi tidak bisa melunasi baru bayar 20 kali, perbulannya Rp 1,3 juta. Mobil itu saya angsur sampai lunas, terus saya jual," ungkapnya

Dikatakan Ibrahim mertuanya memang meminta uang Rp 108 juta atas pembayaran uang mobil sebelumnya. "Nah pelaku Ilham ini, sebagai penengah. Dia bilang kalau tidak kasih uang Rp 135 juta akan dipermasalahkan jadi kasus," ujarnya.

Pelaku Ilham juga mengaku sebagai polisi yang berdinas di Jatanras Polda Sumsel. "Kemarin Sabtu, Ilham ini datang mengaku sebagai anggota polisi sambil mintak uang, dan aku beri Rp 5 juta," bebernya.

kemudian Selasa 09 Juni 2020, pelaku Ilham datang lagi untuk meminta uang Rp 108 juta dengan korban. Tapi tidak lama kemudian datang polisi sungguhan dari Unit III Subdit 3 Jatanras Polda Sumsel menangkap pelaku Ilham dan menggelandangnya ke Polda Sumsel.

Sedangkan pengakuan Ilham, ia keseharainnya sebagai Debt Collector, memang sempat mengaku sebagai polisi berdinas di Jatanras Polda Sumsel.

"Saya mengaku sebagai polisi dari Jatanras Polda Sumsel. Untuk menengahi dan berdamai antara Ibrahim dengan mertuanya," ujarnya.

Ilham juga tidak mengelak sempat mengancam akan menembak korban bila tidak memberi uang.

"Iya saya ancam akan ku tembak korban," cetusnya.

Atas tindakannya itu Ilham memohon maaf telah mengaku sebagai anggota polisi. "Saya minta maaf karena mengaku sebagai anggota jatanras untuk meminta uang Rp 5 juta," tukasnya.

Kasubdit III Jatanras Polda Sumsel Kompol Suryadi SIk menegaskan telah mengamankan seorang polisi gadungan yang mengaku berdinasa Jatanras Polda Sumsel.

"Pelaku melakukan pemerasan terhadap warga sebagai anggota polisi. Sore tadi kita tangkap pelaku berikut barang bukti," pungakasnya.

Share

Ads