loader

Optimalkan Peran Setiap Fungsi Satuan, Ini Prestasi Polres OKUT

Foto

OKUT, GLOBALPLANET. - Kasus penadahan tiga kasus dengan jumlah tersangka tujuh orang. Satu kasus  Karhutla dengan tersangka satu orang dan satu  kasus Migas dengan tersanka satu orang. Sedangkan untuk ungkap tersangka yang masuk dalam DPO enam tersangka dengan rincian empat tersangka Curas dan dua tersangka Curat.

 Untuk kasus Narkoba Sat Res Narkoba Polres OKU Timur berhasil mengungkap sebanyak 14 kasus dengan tersangka 19 orang, laki-laki 17 orang, wanita dua orang.  Jumlah DPO yang berhasil diungkap sebanyak satu orang.  Jumlah barang bukti sabu sebanyak  59,70 gram, extasy  73 setengah butir / 32,51 gram.

Kapolres OKU Timur AKBP Dalizon, SIK, MH, didampingi Kasubag Humas Hamdan Mahyudin, pada Senin (19/10/2020) mengatakan, optimalisasi kinerja Polres OKU Timur, Polri memiliki kekuatan pelaksanaan tugas yg cukup lengkap hingga saat ini termasuk fungsi operasional dan fungsi pendukung.

Untuk mengoptimalkan kinerja Polres OKU Timur dalam pelaksanaan kegiatan maupun tugas-tugasnyanya, baik yang bersifat rutin maupun bersifat khusus (Operasi mantap Praja  Pilkada, Operasi aman Nusa : Pandemi Covid -19), sehingga diperlukan kebijakan umum dari Kapolres OKU Timur.

Sejak tanggal 19 Agustus 2020 hingga saat ini (19 Oktober 2020), untuk mengoptimalkan kinerja Polres OKU Timur, Kebijakan Umum Kapolres Mendorong Satuan kerja maupun personel pengemban fungsi operasional dan fungsi pendukung secara seimbang, agar optimal dalam pelaksaan tugasnya.

Dengan menerapkan Sistem analisa dan evaluasi pencapaian kinerja Polres dan Polsek jajaran secara berkesinambungan, memotivasi kerja dan personel pengemban fungsi agar memiliki kepedulian dan tanggung jawab dari dalam diri terhadap pelaksaan tugas-tugasnya. Untuk menjaganya agar tetap terpelihara, maka diterapkan sistem pemberian reward and punishment dari kapolres OKU Timur.

Mengedepankan upaya-upaya pencegahan gangguan Kamtibmas secara seimbang beriringan dengan upaya-upaya pengungkapan Kejahatan dan pelanggaran.

Mendorong terwujudnya sinergitas antar pengemban fungsi di Polres OKU timur, juga dengan Polsek jajaran. Melakukan penyegaran (tour of duty dan tour of area) terhadap personel yang dianggap kurang optimal dan efektif dalam melaksanakan tugas-tugasnya.

"Guna menciptakan kondisi Kamtibas yang aman, nyaman dan sehat, pada kurun dua bulan ini,  sejak 19 Agustus 2020 hingga 19 Oktober 2020, untuk terselenggaranya Pilkada secara sukses meskipun di tengah pandemi Covid-19, Polres OKU Timur telah menjalankan tugas-tugasnya (baik rutin maupun khusus), dengan beberapa pencapaian kinerja," tambahnya.

Satuan Intelkam, sudah melakukan kegiatan  berkotek samo kawan  (Tekwan) silaturahmi Forkopimda bersama elemen masyarakat guna mencegah potensi unjuk rasa anarkis di kab. Oku timur dilaksankan ada  Rabu  14 Oktober 2020 sekitar pukul  08.45 Wib, bertempat di Aula Mapolres OKU Timur dengan tujuan bersama-sama seluruh elamen masyarakat dan unsur pemerintah mewujudkan situasi aman kondusif di wilayah OKU Timur terkait UU Omnibus Law.

Satuan Sabhara melaksanakan kegiatan sesuai Tupoksi Sat Sabhara melaksanakan pengaturan, penjagaan dan patroli rutin siang dan malam dengan mengedepankan Tim Bravo sebagai tim khusus patroli dan KRYD dengan  Lokasi / Beat Patroli di jalur rawan Kriminal 3C dan jalur rawan Kamtibmas, dengan jadwal patroli dilaksanakan pada  jam-jam rawan kriminal dan Malam hari hingga menjelang pagi. Adapun hasil Patroli Tim Bravo Sat Sabhara telah berhasil menaggkap satu  orang membawa Senpira dan satu orang Sajam.

Sat Binmas melaksanakan optimalisasi kegiatan Pembinaan dan Penyuluhan Kamtibmas dalam Meningkatkan kesadaran masyarakat dalm mencegah kejahatan seperti pemasangan sebanyak 103 spanduk himbauan kamtibmas di lokasi rawan terjadinya C3 (Curas, Curat, Curanmor) serta menggiatkan pos Kamling.Cegah Karhutla :
Jumlah Mitigasi Karhutla 3.498 dengan rincian giat. Penanggulangan covid 19 dilaksanakan melaui Ops aman nusa II dan Ops Yustisi.

Dalam ops yustisi bagi masyarakat Pelanggar Protokol kesehatan Covid 19 seperti tidak menggunakan masker akan diberikan teguran berupa teguran tertulis, teguran lisan, dan sanksi sosial, diantaranya teguran tertulis 3.049 orang, teguran lisan :6.000 orang sanksi sosial 5.230 orang, menyanyikan lagu nasional 662 orang, membersihkan fasilitas umum  1.605 orang.

Total kegiatan pemberian sanksi pelanggar Prokes 16.546 orang. Peduli terhadap penderita kanker pendataan penderita kanker oleh bhabinkamtibmas, bantuan uang dari donatur yg digalang Polres, uang bantuan bulanan langsung ditransfer oleh donatur ke rekening pribadi penderita kanker tanpa melalui petugas Polri/ Bhabinkamtibmas ada pun Jumlah yang menerima bantuan berjumlah 13 Orang

Fungsi pendukung Bag Ops tahap kampanye selama 71 hari terhitung sejak 26 September hingga 5 Desember 2020 dengan melibatkan 100 persnonil. Bag Sumda pemberian reward kepada personil Polres OKU Timur dan Polsek jajaran yang berprestasi.

Sie Propan Telah Melaksanakan Sosialisasi tentang netralitas anggota Polri dan PNS di Lingkungan Polres OKU Timur Pada  Kamis tanggal 1 Oktober 2020 , dan telah dilakukan pemasangan Banner maupun Surat Telegram ke setiap Polsek – polsek tentang Netralitas Anggota Polres OKU Timur dan PNS Polri serta mamasang himbauan maupun anjuran tetang Netralitas Anggota Polri dan PNS di kantor KPU kab. OKU Timur maupun Kantor BAWASLU kab. OKU Timur.

Untuk sampai saat ini belum adanya yang ketemukan maupun Laporan masyarakat ke Si propam Polres OKU Timur terhadap personil Polri dan PNS yang tidak Netralitas dalam Pemilukada 2020,terangnya.

“Kita terus berupaya meningkatkan keamanan di daerah kita dengan cara memaksimalkan seluruh fungsi satuan yang ada di tempat kita,” tegas Kapolres.

 

Share

Ads