loader

Modus Meminta Sumbangan Kebakaran, Pria Pengangguran Diamankan Tim Hunter

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET. - Team hunter alfa 1 Polrestabes Palembang dipimpin Ipda Sunarto yang berhasil menangkap pelaku saat sedang menjalankan aksinya meminta sumbangan kepada sopir truk yang melintas.

Dengan membawa kotak kardus yang di bertuliskan "tolong sumbangan kebakaran dengan sesuka hati bapak/ibu".

Diwawancarai, Aqui mengatakan terpaksa melakukan pekerjaan ini karena kepepet kebutuhan hidup. "Saya hanya mencari uang untuk makan anak istri pak, tidak ada pekerjaan tetap," katanya.

Makanya, terpikir untuk mencari uang dengan cara meminta. "Ditulis supaya orang merasa kasihan dan memberi uang, tetapi saya tidak memaksa orang. Siapa yang memberi saya terima kalau tidak saya tidak apa," jelasnya.

Untuk penghasilan tidak tentu saat meminta, terkadang kalau ramai bisa mencapai Rp 200 ribu dan sepi biasanya Rp 50 ribu. "Saya menyesal kalau memang salah," tukasnya.

Terpisah, Kasat Sabhara Polrestabes Palembang, AKBP Sony Triyanto melalui Danru Hunter Alfa I Ipda Sunarto mengatakan pelaku diamankan anggota saat sedang meminta - minta di lampu merah.

"Mendapat laporan dari masyarakat mengenai masih ada aksi pemalakan dengan modus lain, sehingga anggota langsung mengecek ke lapangan dan melihat seorang membawa kotak kardus sedang meminta sumbangan," ujarnya.

Kemudian, saat akan didekati laki-laki tersebut mencoba melarikan diri dan berhasil ditangkap anggota. "Setelah kami lihat isi di dalam kardusnya ditemukan uang hasil minta-minta sebesar Rp 130 ribu," tambah Ipda Sunarto, Jumat (11/12/2020).

Masih katanya, tidak ditemukan senjata tajam dari pelaku. "Modusnya setelah lampu merah pelaku langsung menghampiri supir truk di TKP dan langsung menyodorkan kardus," katanya.

Diketahui pada saat menjalankan aksinya pelaku seorang diri. Setelah pelaku sempat di serahkan ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polrestabes Palembang, kemudian oleh anggota di bawa ke Polsek IB I.

Share

Ads