loader

Beredar Video 2 Polisi Diamuk Warga saat Tangkap Pelaku Tipsani di OKI

Foto

OKI, GLOBALPLANET - Beberapa video yang memperlihatkan dua polisi diamuk massa hingga terluka di Desa Lebung Gajah, Tulung Selapan, Kabupaten OKI, Sumsel viral di media sosial.

Terlihat dan terdengar jelas dalam video warga dengan beringas menerjang, memukul hingga menduduki polisi sambil berteriak.

Terlihat polisi awalnya diterjang, lalu dikejar di sepanjang jalan desa oleh puluhan pria, lalu dipukul hingga diduduki tak berdaya di pinggir jalan.

Dengan tubuh terluka dan berdarah, polisi tersebut akhirnya diselamatkan beberapa warga lainnya di dalam sebuah bangunan mirip masjid atau musala.

Setelah ditelusuri, peristiwa anarkis tersebut terjadi di Desa Lebung Gajah Kecamatan Tulung Selapan, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). Kedua polisi tersebut tengah bertugas mengerebek tempat pelaku penipuan online.

Hal itu dibenarkan, Kapolres OKI AKBP Hendrawan Susanto. Kapolres sangat menyesalkan kenapa insiden tersebut terjadi. Padahal dua anggota polisi yang mengalami peristiwa itu sedang menjalankan tugasnya.

Dijelaskan Kapolres, Mulanya, sekira pukul 15.00 WIB, Jumat (2/2/2024), Anggota Polsek Tulung Selapan Polres OKI berjumlah 12 orang melaksanakan patroli ke Desa Lebung Gajah, menindaklanjuti informasi adanya masyarakat yang sudah tertipu pelaku penipuan online

"Aksi penipuan dengan modus menawarkan iklan dan mengambil pulsa dari Korban. Lalu atas dasar hasil pengecekan dan penyelidikan didapatlah lokasi yang dijadikan para pelaku penipuan online yaitu hutan di belakang rumah salah satu warga di Desa Lebung Gajah," jelas Kapolres.

Anggota Polsek Tulung Selapan melaksanakan Patroli ke lokasi tersebut. Lalu anggota masuk ke dalam hutan arah lokasi dan didapati beberapa pondok serta para pelaku yang sedang melakukan penipuan online.

"Saat melihat anggota Polsek Tulung Selapan, para pelaku penipuan online melarikan diri, dan ketika anggota sedang geledah pondok didapati barang bukti alat hisap sabu dan beberapa klip sabu. Ketika itu diamankan juga salah satu dari kelompok tersebut Inisial F, warga Desa Lebung Gajah," ungkap Kapolres.

Saat anggota Polsek Tulung Selapan akan kembali ke Polsek dengan membawa salah satu diduga pelaku, warga Desa Lebung Gajah sudah berkumpul untuk menghalangi. Anggota tetap keluar dari lokasi, dan saat berada di ujung Desa Lebung Gajah, ketika dicek ada dua anggota Polsek Tulung Selapan masih tertinggal di lokasi.

"Karena pada saat di lokasi terpisah dari rombongan menuju jalan keluar. Dua anggota tersebut keluar melalui jalur masuk ke lokasi, kemudian 1  orang anggota, Bripka H dianiaya oleh warga, dan diamankan ke dalam masjid, dan 1 orang anggota lagi, Aipda T diamankan dirumah warga di desa Lebung Gajah," kata Kapolres.

Upaya yang dilakukan Polres OKI dan Polsek Tulung Selapan. Ungkap Kapolres, Setelah melakukan koordinasi dengan Kades Lebung Gajah, Kapolsek mengajak anggota untuk menjemput dua anggota yang diamankan warga tersebut. Hasil negosiasi dengan masyarakat  2 personel dilepaskan dengan syarat warga yang diamankan untuk dilepaskan juga.

"Dua orang anggota Polsek tersebut telah berobat ke Puskesmas. Dan pada saat ini situasi Kamtibmas di Desa Lebung Gajah sudah aman dan kondusif," tandas Kapolres seraya kembali menegaskan bahwa anggota Polsek Tulung Selapan sudah lakukan upaya paksa tindaklanjuti laporan masyarakat adanya penipuan online atau Tipsani (tipu sana - sini).

 

Share

Ads