loader

Terus Muncul Klaster Baru, Positif Covid-19 Sumsel 3.054 Kasus

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumsel Yusri mengatakan hampir setiap pekan klaster baru Covid-19 muncul yang biasanya muncul di tengah masyarakat atau berasal dari tempat kerja/perusahaan.

"Hampir setiap pekan kita (Sumsel) ada klaster baru, nah pada hari ini ada penambahan sebanyak 42 orang yang berasal dari Palembang 32 orang, Prabumulih 3 orang, OKI 1 orang, OKU 1 orang, Muara Enim 2 orang, Banyuasin 2 orang, dan Ogan Ilir 1 orang," tutur Yusri, Senin (20/7/2020).

Sedangkan jumlah pasien sembuh hari ini hanya satu orang yakni pasien asal Prabumulih, sehingga total pasien sembuh dari Covid-19 menjadi 1.414 orang.

"Sementara 3 orang dilaporkana hari ini meninggal dunia, berasal dari Palembang 2 orang dan Prabumulih 1 orang. Total meninggal 142 orang," katanya.

Terpisah, Plt Kadinkes kota Palembang dr Fauziah sebelumnya mengatakan mengingat Palembang sudah mencapai angka 2.000 lebih positif, maka masyarakat terus diingatkan untuk menekankan disiplin protokol kesehatan.

Berdasarkan perhitungan GTPP Covid-19 Palembang, Kota Palembang saat ini berada dalam zona oranye. Dan akan dievaluasi lagi pada Sabtu depan untuk mengetahui perhitungan terbaru.

"Mengingat kasus di Palembang masih fluktuatif, jadi kita minta masyarakat untuk patuhi protokol kesehatan karena perilaku dan lingkungan memiliki peran 70-80 persen terhadap penularan, sisanya adalah pemeriksaan kesehatan. Kalau masyarakat patuh maka penularan juga minim," jelasnya.

Share

Ads