loader

Wacana  PNS Bakal Digantikan Robot, Berikut 3 Hal yang Bisa Terjadi

Foto

2. Menjadi PNS Makin Sulit

Jika PNS digantikan robot, maka otomatis jumlah PNS akan berkurang atau dikurangi. 

Hal itu diyakini akan berdampak pula pada sistem perekrutan PNS. Kemungkinan besar, seleksi untuk menjadi PNS akan lebih diperketat dan formasi yang dibutuhkan juga akan terus menyusut.

Jika robot AI terus semakin cerdas dan canggih, bukan tak mungkin bahwa pekerjaan yang membutuhkan pertimbangan emosional dan etis sekalipun dapat digantikan oleh robot AI. Pada saat itu, peran manusia PNS akan tidak lagi dibutuhkan.

3. Tercipta Jenis "Pekerjaan Baru

Yuval Noah Harari dalam bukunya 'Homo Deus', selain memaparkan betapa suramnya masa depan manusia saat robot menggantikan peran mereka, juga menjabarkan secercah harapan yang mungkin akan muncul di balik kesuraman itu.

Salah satunya adalah akan bermunculan jenis-jenis "pekerjaan baru" yang mungkin akan dilakukan manusia untuk bertahan hidup.

Bisa dikatakan, kemunculan ojek daring dan aplikasi belanja online adalah salah satu dampak dari kemajuan teknologi.

Ketika banyak orang dipecat dari pekerjaan lamanya karena tugasnya sudah digantikan robot, semisal petugas loket karcis, dia beralih menjadi driver ojek online--pekerjaan yang semula tidak terpikirkan olehnya meskipun ojek bukannya hal baru.

Share

Ads