loader

4 Peran Mahasiswa Menurut Jenderal Dudung Abdurachman

Foto

JAMBI, GLOBALPLANET - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman menekankan 4 peran penting mahasiswa dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

KSAD menyampaikan itu saat memberikan kuliah umum bertema “Pluralisme Dalam Bingkai NKRI” di Universitas Jambi, Selasa (19/7/2022).

Dikatakan KSAD, keempat poin penting tersebut yaitu mahasiswa harus menjadi agen perubahan, mahasiswa sebagai penjaga nilia-nilai yang terkandung dalam Pancasila sebagai pemersatu bangsa, mahasiswa sebagai penerus bangsa dan mahasiswa sebagai kontrol sosial terhadap kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

KSAD menjelaskan bahwa Pluralisme di Indonesia sangat beraneka ragam baik itu suku, agama maupun golongan yang sangat rentan apabila tidak dapat dikeloloa dengan baik terlebih di era teknologi informasi yang begitu cepat dan mudah diakses. 

“Ini era di mana kebohongan dapat menjadi kebenaran dengan memainkan emosi dan perasaan. Disinilah peran mahasiswa harus menyampaikan apabila ada berita bohong atau hoax, kerana berita tersebut sasarannya kepada orang-orang yang tidak mengerti,” ujarnya.

Share

Ads