loader

Feby Deru Angkat Wastra Tenun dan Batik Khas Sumsel di Rakernas Dekranas

Foto

JAKARTA, GLOBALPLANET - Ketua Dekranasda Sumsel Hj Febrita Lustia HD hadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) tahun 2022 di auditorium Istana Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (20/9).

Usai menyimak arahan Ketua Umum Dekranas, Wury Ma'ruf Amin, Ketua Dekranasda Sumsel Feby Deru menegaskan, dirinya terus berupaya mewujudkan majunya sektor UMKM lokal melalui berbagai pelatihan bagi para perajin.

"Para pelaku UMKM lokal akan kita bantu. Selama ini bantuan kita berikan dalam bentuk pelatihan dan peningkatan kompetensi bagi para perajin," katanya.

Dikatakan, pandemi Covid-19 berdampak pada berbagai sektor, termasuk bagi para perajin yang membuat produk kriya. Tantangan-tantangan yang dihadapi di antaranya keterbatasan permodalan, kurangnya akses pasar, minimnya regenerasi SDM perajin yang andal, dan persaingan ketat dengan produk sejenis dari luar negeri yang telah membanjiri Indonesia.

Oleh karenanya, Ketua Dekranasda Sumsel Feby Deru berkomitmen untuk mendorong kemajuan UMKM lokal, khususnya para perajin kain/wastra Sumsel. 

Jika sebelumnya kain tenun angkinan yang diangkat, lanjut Feby maka untuk berikutnya wastra Sumsel lain yang akan diangkat adalah batik Sumsel motif sisik ikan dan motif durian.

Share

Ads