loader

Karhutla dan Kemiskinan, Tugas Berat Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni

Foto

JAKARTA, GLOBALPLANET - Agus Fatoni resmi menjabat Pj Gubernur Sumsel menggantikan Herman Deru dan Mawardi Yahya yang berakhir masa jabatannya. Agus Fatoni dilantik Mendagri Tito Karnavian di Kemendagri Senin (2/10/2023).

Agus Fatoni dilantik bersama Pj Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik. Keduanya merupakan petinggi di Kemendagri, Agus Fatoni Dirjen Bina Keuangan Daerah dan Akmal Malik Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri.

Pelantikan Agus Fatoni sebagai Pj Gubernur Sumsel oleh Mendagri mengacu Keppres No. 87/P/2023 tentang Pengangkatan Penjabat Gubernur.

“Penjabat (Pj) mengisi kekosongan sampai dengan Pilkada serentak nanti, saya paham betul dua-duanya ini miliki kemampuan dan kapabilitas. Dua-duanya lulusan IPDN, jadi memang bidang pemerintahan, serta memahami selama ini tentang daerah satu memahami tentang prinsip-prinsip pemerintahan otonomi daerah,” kata Mendagri.

Mendgri mengakui, Agus Fatoni memiliki pengalaman karena sebelumnya pernah menjabat sebagai Pj Gubernur Sulawesi Utara. 

“Tentu tugas utama yang paling penting bagi saya adalah pemerintahan tetap berjalan, running, jangan sampai terjadi kekosongan. Setelah itu saya minta juga hal-hal yang menjadi prioritas baik nasional maupun daerah misalnya tentang penurunan angka stunting, penurunan angka kemiskinan termasuk kemiskinan ekstrem dan mengendalikan inflasi,” kata Tito.

Terkhusus untuk Provinsi Sumsel, lanjut Mendagri, untuk terus melakukan hal-hal yang menjadi prioritas, seperti pembangunan jalan, pelabuhan, dan yang paling penting dan krusial penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla). 

“Terkhusus (Sumsel) ini saya minta untuk tangani karhutla karena kualitas udara di Palembang tidak sehat, titik kebakaran segera dikerjakan bersama forkopimda,” tambahnya.

Mendagari secara khusus menyampaikan terima kasih untuk pasangan Gubernur-Wakil Gumbernur Sumsel Periode 2018-2023 yang telah  mengakhiri masa tugasnya. 

“Terima kasih banyak kepada Gubernur  Sumsel dan Wakil Gubernur  Sumsel sebelumnya yakni Herman Deru dan juga Mawardi Yahya atas kerja keras dengan pengabdiannya,” katanya. 

Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni menegaskan dirinya segera melaksanakan tugas sesuai dengan arahan dari Mendagri. Khususnya penurunan stunting, mengendalikan inflasi, penurunan kemiskinan dan kemiskinan extrem serta yang paling utama adalah mengendalikan kebakaran hutan dan lahan.

“Karhutla segera kita ditangani, kemudian kemiskinan ekstrem, stunting,  penanganan inflsa serta tugas-tugas penyelenggaraan pemerintahan lainnya yang selama ini harus menjalankan sesuai dengan tugas dan fungsinya,” ungkapnya. 

Menurut Agus Fatoni, ia akan berkoordinasi dengan pimpinan DPRD dan anggota, kemudian bersama Forkopimda dan akan konsolidasi internal bersama Pemprov Sumatera Selatan. 

“Untuk penanganan karhutla secepatnya kita akan segera rapat, di sana sudah ada Satgas yang diketuai gubernur. Nanti tentu akan gabung dengan satgas TNI/Polri dan juga kita mengundang bupati/wali kota selaku anggota, jadi segera kita rapatkan  melibatkan pihak terkait, kita akan turun ke lapangan,” tegasnya. 

Share

Ads