loader

Sehari Bersama Menhub Budi Karya Sumadi di Palembang

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menghabiskan akhir pekannya, Sabtu 14 Oktober di Palembang. Didampingi Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni, Menhub meninjau dan mengunjungi sejumlah tempat.

Di antaranya meninjau fasilitas transportasi umum di Kota Pempek. Kali ini, Menhub dan Agus Fatoni memantau aktivitas Light Rail Transit (LRT) yang terintegrasi dengan layanan feeder LRT Sumsel (Angkot Feeder Musi Emas).

Rombongan bersama-sama berangkat dari Stasiun Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang menggunakan moda transportasi umum LRT menuju Stasiun LRT Polresta. Kemudian, keduanya mengecek fasilitas Angkot Feeder Musi Emas.

Menhub mengatakan keberadaan sejumlah moda transportasi terintegrasi di Sumsel telah banyak memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam  beraktivitas. Selain itu, adanya fasilitas tersebut menjadi salah satu faktor pendorong majunya perekonomian Sumsel.

“Alhamdulillah hari ini kita bisa melihat langsung moda  transportasi baik darat maupun laut yang terintegrasi. Kita bersyukur pemerintah memberikan perhatian penyediaan sarana transportasi memadai di Provinsi Sumsel,” ucap Menhub.

Menurutnya, Sumsel saat ini telah memiliki layanan angkutan massal yang cukup lengkap, mulai dari bus, angkot, LRT hingga angkutan sungai yang terintegrasi. Oleh karena itu, dia mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama menjaga moda transportasi yang menjadi kebanggaan masyarakat.

Kegiatan lainnya Menhub Budi Karya Sumadi bersama Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni meninjau kegiatan penyuluhan kesehatan dan pengobatan gratis dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional Tahun 2023. Kegiatan ini dilaksanakan di Kelurahan Ogan Baru, Kecamatan Kertapati, Palembang, Sumatera Selatan.

Melalui kesempatan ini, Fatoni mengimbau masyarakat untuk menjaga kesehatan dengan disiplin menerapkan perilaku Hidup Bersih dan Sehat (HBS). Terutama, saat ini masih marak kabut asap yang ditimbulkan oleh kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

“Jaga kesehatan, jangan lupa kontrol ya. Dijaga makannya, cukup istirahat dan hidup bersih. Nah hari ini pak Menteri membantu cek kesehatan biar diketahui kondisi kesehatannya seperti apa, apalagi ini banyak asap. Jangan lupa pakai masker. Jika tidak perlu jangan keluar rumah,” jelas Fatoni.

Penyuluhan kesehatan dan pengobatan gratis ini diinisiasi oleh Kantor Kesyahbandaraan dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas 1 Palembang yang berkolaborasi dengan Bunda Merah Putih (BMP) Sumsel. 

Menhub Budi Karya mengapresiasi Bunda Merah Putih (BMP) Sumsel yang telah memberikan layanan kesehatan kepada warga di sekitar Kelurahan Ogan Baru.

“Semoga kegiatan semacam ini dapat menjadi inspirasi bagi yang lain untuk berkontribusi dalam meningkatkan  kesehatan masyarakat,” katanya. 

Sementara itu, Suhartini salah satu warga yang mendapatkan layanan kesehatan mengaku sangat senang dengan kegiatan pengecekan kesehatan dan pengobatan gratis.  

"Terima kasih kami sudah dibantu pelayanan kesehatan. Kami bisa konsultasi dan mendapatkan pengobatan gratis di saat musim asap seperti ini,” ucap Suhartini.

Share

Ads