loader

TNI AD dan LDII Jalin Kerja Sama Ketahanan Pangan dan Bela Negara

Foto

JAKARTA, GLOBALPLANET - TNI Angkata Darat dan Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) mengupayakan kerja sama untuk ketahanan pangan dan bela negara. Hal ini terungkap dalam silaturahmi DPP LDII bersilaturrahim dengan Asisten Teritorial Kepala Staf Angkatan Darat (Aster KSAD) Mayor Jenderal TNI Karmin Suharna. 

Pertemuan berlangsung di Mabes TNI AD, Jakarta, Jumat (14/10/2022). Ketua Umum DPP LDII KH Chriswanto Santoso, didampingi Ketua DPP LDII Prof Singgih Tri Sulistyono, Ketua DPP LDII Prof Rubiyo, Ketua Departemen PKD KH Aceng Karimullah, dan Sekretaris Rioberto Sidauruk. 

Mengawali pertemuan, DPP LDII menayangkan video 8 Bidang Pengabdian DPP LDII untuk Bangsa. Isinya terkait kontribusi LDII di Bidang Kebangsaan, Keagamaan, Pendidikan, Kesehatan Alami, Teknologi Digital, Ekonomi Syariah, Ketahanan Pangan dan Lingkungan Hidup dan Energi Baru Terbarukan.

Mayjen TNI Karmin Suharna mengapresiasi pencapaian LDII. Menurutnya, LDII sangat peduli dengan NKRI. Ia bercerita, ketika Reformasi 1998 terjadi, ada sendi-sendi utama demokrasi yang harusnya dipertahankan, justru malah disingkirkan. Demokrasi seharusnya tidak lepas dari nilai-nilai Pancasila dan bertanggungjawab.  

“Tapi pada kenyataannya, kita bisa melihat sendiri. Saya kaget ketika tahun 2014 di mana ada kelompok transnasional, yang bebas mendeklarasikan Khilafah. Pengalaman hidup membawa saya besar di daerah konflik. Saya mengerti kenapa mereka berpecah belah. Saya pernah di Timtim, Sudan, Kongo, Lebanon, Yugoslavia,” ujarnya. 

Mayjen TNI Karmin Suharna menceritakaan, Yugoslavia yang multietnik pecah menjadi beberapa negara akibat kehilangan sosok pemersatu yang kuat, Josip Broz Tito. Selain itu, terdapat dorongan kekuatan eksternal membuat negeri itu pecah. 

Share

Ads